Jumat, 17 Desember 2010

Obat Penurun Lipid: Atorvastatin

Kolesterol adalah suatu jenis lemak (lipid), yaitu zat yang dapat meningkatkan risiko penyakit gangguan pembuluh darah melalui proses penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis. Dalam tubuh, kolesterol dihasilkan oleh hati lalu diangkut oleh lipoprotein yang bernama Low Density Lipoprotein (LDL) untuk dibawa ke seluruh tubuh. Kelebihan kolesterol akan diangkut kembali oleh lipoprotein yang disebut High Density Lipoprotein (HDL) untuk dibawa kembali ke hati yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam (cairan) empedu. Kadar lemak dalam LDL lebih banyak daripada dalam HDL, oleh karena itu, LDL dianggap sebagai lemak yang "jahat" karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah dan sebaliknya untuk HDL. Kadar kolesterol HDL > 60 menunjukkan jumlah yang sangat baik, sedangkan kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih < 130.
Pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam.

Ada sejumlah kondisi dimana kadar kolesterol atau trigliserida plasma atau keduanya sangat tinggi. Yang sering dijumpai adalah:

1. Kolesterol berikatan dengan lipoprotein sehingga meningkatkan kadar lipoprotein densitas rendah (Low Density Lipoprotein=LDL)

2. Meningkatnya kadar trigliserida serum dan lipoprotein densitas sangat rendah (Very Low Density Lipoprotein=HLDL)

Terdapat bukti bahwa terapi yang menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL, dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung koroner. Obat-obat penurun lipid diindikasikan untuk pasien dengan penyakit jantung koroner atau dengan hiperlipidemia berat yang tidak cukup terkendali dengan diet rendah lemak.

Statin (HMG-CoA reduktase inhibitor) adalah golongan obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol dengan cara menghambat enzim HMG-CoA , yang memainkan peran sentral dalam produksi kolesterol di hati. Peningkatan kadar kolesterol telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler, dan golongan statin dapat digunakan dalam pencegahan penyakit ini. Yang termasuk golongan statin diantaranya: simvastatin, atorvastatin, pravastatin, lovastatin, resuvastatin dan fluvastatin. Saat ini yang paling banyak digunakan di dunia adalah adalah atorvastatin (Atorsan (Sandoz), *Caduet (Pfizer), Lipitor (Pfizer), Stator (Dexa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar